Jumat, 27 Februari 2009

Brom

BROM
Kenalkan namaku brom.Nama lengkapnya sich bromin,tapi teman-teman suka memanggilku dengan nama pendekku saja Br.Aku anak ke tiga dari kelurga halogen, alamatku di kampung SPU gang VIIA nomor 35.Saudaraku ada empat orang, Kakak ku ada dua yang pertama namanya fluor , dan yang kedua namanya khlor.Adikku juga ada dua yaitu yodium dan astatin, Aku juga berteman baik dengan anak tetangga terutama selenium dan krypton
Karena tubuhku coklat kemerahan apalagi kalau pekat,maka aku akan semakin merah. Sehingga berat tubuhku mencapai 80 kg.dan berat jenisku 3,12 gram/cm3,dengan kerapatan 3,0 g/cm3dan volume 23,5 cm3/mol dan jari-jari atom 115 serta jari-jari ion195. Tubuhku juga akan meleleh pada suhu 332 kelvin dan mendidih pada 590C.Keelektronegatifan tubuhku mencapai 2,8 dengan energi ionisasi 1140 kj/mol dan afinitas elektron 342kj/mol.Bilangan oksidasiku -1,+1,+3,+5 dan +7.Entalphi penguapanku 14,725 kj/mol dan entalphi pembentukan 5,286 kj/mol tubuhku juga mempunyai bentuk struktur kristal ortorombik.Aku pengoksidasi kuat setelah kakak-kakakku. Selain tubuhku berbau rangsang dan menusuk, sejak lahir aku juga punya kelainan yaitu suka sekali menguap dan tubuhku berubah menjadi monster molekul gas diatomik yang menakutkan. Klo sudah berubah orang –orang akan memanggilku dengan sebutan bromida dan mereka sangat ketakutan padaku , karena aku beracun.dan buat kalian hati-hatilah berteman denganku karena jika kulitku tidak sengaja tersentuh kulit kalian, maka aku akan melukai kulit kalian dan itu hanya bisa di sembuhkan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika aku sedang main dengan air bersama kakakku khlorin kemudia kami kena sinar matahari secara langsung maka aku akan berubah menjadi karsinogen bromat yang dapat menyebabkan kanker.
Sebenarnya tempat kelahiranku di lautan lepas,di sana aku berbentuk garam-garam halida dari natrium,magnesium,kalium dan kalsium.dan di sana aku mempunyai ion halida sebanyak 5x10-7molar saja. Suatu hari di tahun 1826 aku pernah tersesat dan ditemukan oleh dua ilmuan yaitu antoine dan Jerome balard. Sejak saat itulah orang-orang memburuku .Mereka mengambilku dengan cara mengasamkan tempatku ,atas bantuan H2SO4 encer dan khlor kemudian di hembuskan udara maka di perolehlah aku dengan volume yang cukup besar, tapi aku belum murni.kemudian aku di paksa berteman dengan SO2 dan uap air kemudian dengan Cl2 kakaku. Setelah penyulingan dengan bantuan KBr dan tambahan KOH maka di perolehlah aku. Meskipun tidak sebanyak klorida, dari 1m3 air laut mereka dapat mengambil bagian tubuhku sebanyak 3 kg
Selama bertahun-tahun manusia menjadikanku etilenbromida lalu di campurkan kedalam bensin bertimbal. Tujuannya agar aku bisa merayu timbal agar tidak menempel atau melekat pada silinder atau piston. Karena sama-sama terpaksa timbal dan aku bergabung menjadi PbBr2 dan berontak menguap keluar bersama-sama.dengan gas buangan sebagai pembalasan kepada manusia kami pun cemari udaranya dan kami kikis lapisan ozonnya. Manusia juga suka memaksaku berteman dengan perak menjadi AgBr sehingga kami menjadi sensitif terhadap cahaya pada film fotografi. Selain itu aku juga suka di gunakan sebagai obat penenang,desiinfektan ,fumigan,pembuatan senyawa organik dan dalam wujud metilbromida , aku suka membantu manusia untuk memadamkan kebakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar